Camping/kemping atau berkemah adalah kegiatan yang asyik untuk dilakukan di luar ruangan. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk melepas penat setelah lama tinggal di kota, atau sekedar ingin menikmati pemandangan alam yang indah. Biasanya, kita akan menginap di lokasi perkemahan dengan menggunakan tenda atau bisa juga tidur di bangunan primitif atau bahkan tanpa atap.

Berkemah sendiri sudah populer sejak awal abad ke-20. Selain berkemah, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mendaki gunung, berenang, memancing, atau bersepeda gunung. Seru banget, kan?

Hobi Camping


Berkemah merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai pendekatan dan strategi untuk mengakomodasi kebutuhan di luar ruangan. Ada beberapa tipe berkemah seperti survivalist dan berkemah liar yang hanya membawa perlengkapan terbatas untuk bertahan hidup. Sementara itu, ada juga berkemah yang dilengkapi dengan peralatan modern untuk memberikan kenyamanan seperti sumber daya dan alat pemanas.

Berkemah seringkali dikombinasikan dengan aktivitas hiking, seperti pada backpacking, dan kadang-kadang juga dilakukan dengan kegiatan lain seperti kano, kayak, panjat tebing, memancing, atau berburu. Ada juga fastpacking yang melibatkan lari dan berkemah.

Tidak ada definisi universal tentang apa yang termasuk dalam berkemah. Mirip seperti motel yang melayani tamu rekreasi maupun bisnis, perkemahan juga bisa melayani berbagai macam pengunjung seperti berkemah rekreasi, kunjungan lapangan sekolah, pekerja imigran, atau tunawisma pada saat yang sama. Hal ini tergantung pada niat dan sifat kegiatan yang dilakukan.

Comments